Pengembangan bahan ajar berbantuan geogebra yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi vektor

Innes Budi Rahayu, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia
Ali Mahmudi, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas bahan ajar berbantu GeoGebra yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi vektor ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba adalah 23 siswa kelas X MIPA di SMA Mataram Tempursari. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t satu sampel. Hasil analisis validasi ahli memperoleh rata-rata nilai 90 sehingga produk dinyatakan valid. Hasil analisis angket respon siswa dengan rata-rata nilai 77,48 dan taraf signifikansi 5% pada uji t satu sampel memperoleh nilai 0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak dan produk dinyatakan praktis. Hasil analisis tes siswa dengan rata-rata nilai 77,48 dan taraf signifikansi 5% pada uji t satu sampel memperoleh nilai 0,0265<0,05 sehingga H_0 ditolak dan produk dinyatakan efektif


Full Text:

XML PDF

References


Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847.

Tim GeoGebra. (2018). Learn GeoGebra Classic. Diakses tanggal 13 Oktober 2021dari https://www.geogebra.org/material/show/id/XUv5mXTm.

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry , algebra and calculus in the software system GeoGebra. Diakses tanggal 22 Februari 2022 dari https://www.researchgate.net/publication/228398347_Combination_of_dynamic_geometry_algebra_and_calculus_in_the_software_system_GeoGebra.

Jamaluddin, N. H., Sulasteri, S., & Angriani, A. D. (2020). Geogebra : Software dalam Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 121–128.

Kemendikbud. (2016a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21, Tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2016b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22, Tahun 2016, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kristanti, F. ., Isnarto, & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Prosiding, Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Mumpuni, P. W., Inganah, S., & Sugiarti, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Materi Vektor untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 115–126. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.12827.

Nur’aeni, E., & Muharram, M. R. W. (2016). Desain Didaktis Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Balok Dan Kubus Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah Dasar, 25(2), 139–146.

Ramdhani, S. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Matematika dalam Membuat Bahan Ajar dengan Perangkat Lunak Geogebra Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2(3), 27–36.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suryacitra, G. E. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Karangnom Tahun Ajaran 2017/2018 Pada Materi Vektor. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/31297/2/141414051_full.pdf.

Suwarto, S., & Purnami, A. S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Vektor. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 69. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2614.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 10(2), 57–71.

Tay, M. K., & Mensah-Wonky, T. (2018). Effect of using Geogebra on senior high school students ’ performance in circle theorems. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 14, 1–17.

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The Effectiveness of the GeoGebra Software : The Intermediary Role of Procedural Knowledge On Students ’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(6), 2155–2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia