DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Anggun Gestiani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Listyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa salah satu SMP di Kota Lahat. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil 88 siswa kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah instumen tes tertulis dan wawancara. Setelah dilakukan tes tertulis, dipilih subjek untuk diwawancara. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes tertulis kemampuan berpikir kreatif matematis dan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) siswa. Analisis data yang dilakukan yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Penarikan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa salah satu SMP di Kota Lahat masih sangat rendah dengan rata-rata persentase 20%. Dari 88 siswa yang menjadi sampel, 30 siswa berada di TKBK level 0 (Tidak Kreatif), 35 siswa berada di level 1 (Kurang Kreatif), 19 siswa berada di level 2 (Cukup Kreatif) dan 4 siswa berada di level 3 (Kreatif) serta tidak ada siswa yang berada di level 4 (Sangat Kreatif). (2) Rata-rata persentase tertinggi ada pada indikator fleksibelitas yaitu 39%, indikator kefasihan 33% dan indikator terendah ada di indikator kebaruan yaitu rata-rata persentasenya 15%. (3) Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa disebabkan siswa kurang latihan mengerjakan soal-soal yang memiliki indikator kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga masih kurang dalam memahami maksud soal.

Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad ke-21 berbasis teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.

Alotaibi, A., & Alyahya, D. (2019). Computational thinking skills and its impact on TIMSS achievement: An Instructional Design Approach. Issues and Trends in Educational Technology, 7(1), 3–19. https://doi.org/10.2458/azu_itet_v7i1_alyahya

Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 247–258. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.247-258

Guhn, M., Gadermann, A., & Wu, A. D. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 6737–6739. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3063

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. In Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567

OECD. (2013). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2012. https://doi.org/10.1016/0092-8674(76)90036-2

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Safaria & Sangila. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari pada materi bangun datar. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 73–90.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1-9.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i3.18113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia