Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Turunan Berbasis Matematika Realistik dengan Konteks History of Mathematics
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi turunan berbasis matematika realistik dengan konteks history of mathematics yang terdiri dari RPP dan LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket respon siswa, tes pemahaman konsep dan minat belajar. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi skor empiris yang diperoleh menjadi data kualitatif. Analisis keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase banyak siswa yang mencapai kategori tinggi untuk angket dan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil validasi, RPP dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan kategori baik. RPP dan LKS yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dan LKS mencapai kategori baik berdasarkan respon siswa. Perangkat pembelajaran juga efektif ditinjau dari pemahaman konsep dan minat belajar siswa.
Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, matematika realistik, sejarah matematika
Abstract
This research aims to produce instructional kits based on realistic mathematics with the context of mathematics history. The instructional kits consists of lesson plans and student activity. The developing model was ADDIE’s model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The instruments used in this research were validity sheets, teacher’s questionnaires, student’s questionnaires, interest to learning questionnaires, and understanding the concepts test. The validity and practicality were analyzed by converting the empirical score obtained from the questionnaires into qualitative data. The effectivity was analyzed by determining the percentage of student who reached high category for students’ interest and the percentage of student’s completeness in the understanding concepts test. The validation result, it was revealed that the lesson plans and student activity belong to the good category. Lesson plans and student activity which have been developed are practical and effective. The practicability of instructional kits that are developed reach very good category that based on teacher’s questionnaires, the student activity reaches good category that based on students’ response. Instructional kits also effective based on students’ understanding concept and interest to learn.
Keywords: development, instructional kit, realistic mathematics, history of mathematics
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia