PENGEMBANGAN TES FORMATIF YANG BERFUNGSI SEBAGAI TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR POKOK BAHASAN ANIMALIA

Henky Becheta Anggraeni,
Bambang Subali,
Rizka Apriani Putri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan tes formatif yang berfungsi sebagai tes diagnostik pokok bahasan Animalia. Metode penelitian menggunakan metode Testing. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA N 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/ 2017. Kegiatan pengembangan tes meliputi penyusunan kisi-kisi tes, penulisan item tes, penyelidikan validitas dan reliabilitas tes (kualitas tes), dan penyelidikan kesulitan belajar peserta didik pada pokok bahasan Animalia. Pengambilan data dengan teknik tes, dan instrumen penelitian berupa tes yang telah dikembangkan (PG beralasan terbuka berjumlah 40 butir). Analisis data melalui dua tahapan yaitu, analisis data kualitas tes dan kesulitan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, tes dikembangkan dengan prosedur pengembangan tes secara umum, kualitas tes valid dan memiliki reliabilitas yang baik berdasarkan indek Kappa dan indek persetujuan, peserta didik berkesulitan belajar pada hampir semua aspek kompetensi Animalia dengan faktor penyebab utama kesulitan belajar adalah karena rendahnya minat dan motivasi belajar.

 

Kata Kunci: Animalia, Formatif Diagnostik, Kesulitan Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i6.8131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.