ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS LKPD SEL DI SMA NEGERI KOTA BEKASI

Adiya Rizka Puspita,
Paidi Paidi,
Heru Nurcahyo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis jenis dan instensitas keterampilan proses sains (KPS) yang dikembangkan dalam LKPD materi sel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh LKPD Biologi yang digunakan di SMA Negeri Kota Bekasi berdasarkan kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi yang dimodifikasi dari KPS yang dikembangkan oleh Rezba (2007). Hasil penelitian menunjukkkan aspek KPS yang dikembangkan dalam LKPD materi sel adalah mengamati, mengelompokkan, mengukur, menyimpulkan, mengkomunikasi, membuat tabel, membuat grafik, mengumpulkan dan mengolah data, menganalisis hasil, menyusun hipotesis, dan melakukan percobaan. Intensitas kemunculan KPS tertinggi adalah aspek mengamati, mengelompokkan, mengkomunikasi, dan melakukan percobaan. Sedangkan intensitas terendah  dalam LKPD materi sel adalah aspek mengukur dan menyusun hipotesis.

 

Kata kunci: Analisis LKPD, Keterampilan Proses Sains, KPS Materi Sel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i3.7972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.