KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN JENJANG KELAS
Bambang Subali, , Indonesia
yuni Wibowo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) peserta didik, (2) KBDKPS peserta didik berdasarkan jenjang kelas, dan (3) pengaruh lokasi sekolah dan gender terhadap KBDKPS peserta didik SMA N di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan jenjang kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif metode survei. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik jenjang kelas X, XI, dan XII SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian sebanyak 1.304 peserta didik dari 16 SMA dengan teknik accidental sampling. Instrumen berupa tes dengan pola divergen dengan pertanyaan terbuka (politomous). Pengumpulan data menggunakan tes KBDKPS, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif dengan menghitung skor tes KBDKPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat KBDKPS peserta didik memperoleh tingkat KBDKPS rendah, (2) KBDKPS peserta didik ditinjau berdasarkan jenjang kelas jika diurutkan dari tertinggi ke terendah adalah XII IPA, XI IPA, dan X, (3) KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan jenjang kelas tidak dipengaruhi oleh faktor gender dan lokasi sekolah
Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, jenjang kelas
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i2.4486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |