COMPARISON OF THE COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TGT AND NHT TO STUDENTS' COGNITIVE ABILITIES
Yuni Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S., Taqiyyah, F., Nakhlah, R. M., Puryati, L. K., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2040–2047. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5831
Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta, Indonesia: Gava Media. https://www.gavamedia.net/produk-391-evaluasi-dan-penilaian-pembelajaran-kurikulum-2013.html
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. New York: Longman. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:61966728
Azla, R. (2022). Kemampuan kognitif dan kreativitas melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan model kooperatif learning tipe NHT pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Economic Edu, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.53682/jee.v2i2.2066
Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas penggunaan Google Classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.507
Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.17
Hamdayana, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.
Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). Pengaruh pembelajaran biologi berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap literasi kesehatan siswa. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19233
Jayawardana, H. B. A., Sugiarti, R., & Gita, D. (2020). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1), 40–46. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225213580
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta, Indonesia: Kemendikbudristek. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224238/permendikbud riset-no-16-tahun-2022
Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Gustina, H., Pertiwi, H., & Priyanti, N. (2023). Mengenal model kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk pembelajaran anak usia dini. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.89
Putra, P. H. I. G. P. N., Ariawan, U. K., & Arsa, S. I. P. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar perakitan komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 49–58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20854
Putra, D. T. A., & Suhartini, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Environbytiktok dengan Sosio-Scientific Issues Alih Fungsi Hutan Ibu Kota Nusantara Untuk Mendukung Literasi Lingkungan Siswa SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 11(1), 27–41. https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.22558
Saefi, M., Suwono, H., Fachrunnisa, R., Adi, W. C., Susilo, H., & Sudrajat, A. K. (2025). Raising Information Literacy of Biology Pre-service Teachers: Study on Three Problem Solving Methods. Australian Journal of Teacher Education, 50(2). https://doi.org/10.14221/1835-517X.6442
Sardiyanah. (2018). Faktor yang mempengaruhi belajar. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 10(2), 145–154. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v10i1.263
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta. https://perpustakaan.binadarma.ac.id/opac/detail-opac?id=8
Tyastirin, E., & Hidayati, I. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa. European Journal of Social Psychology, 47(3), 365–372. https://doi.org/10.1002/ejsp.2256
Zaliani, I., Nur Aliza, N., Sihotang, R., Suryanda, A., & Rini, D. S. (2024). Evaluasi strategi pengajaran dalam pembelajaran biologi di SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.19650
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Batang Hari. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 273–285. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.8418
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i2.21594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |