PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI MIPA DI SMA BIMA AMBULU JEMBER
Abdillah Fatkhul Wahab, Tadris Biologi UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Abstract
Abstrak. Penelitian ini akan mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun 2023/2024. Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaitkan antara sains, teknologi, dan masyarakat pada kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent group post-test-only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan dokumentasi untuk menentukan sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat memiliki nilai rata-rata tes kemampuan berfikir kritis lebih tinggi sebesar 52,27 dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 44,73. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai signifikansi hasil Independent Sampel T-Test sebesar 0,001.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arraafi, Lailatul. Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Sikap Kepedulian Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Bandar Lampung: Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lamung. 2019.
Diniyyah, M., Susilo, H., Balqis, B., & Sudrajat, A. K. (2022). Improving critical thinking and problem- solving skills through POGIL combined with digital mind map. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(3), 275–286.
Facione, Peter A. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measued Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA. 2013.
Fatmawati, A. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X.” Junal Edusains 4, no. 2 (2016): 2338 – 4387
Hasbullah, Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta Raja Grafindo Persada. 2009) hlm. 4.
Hidayah, R., Salimi, M.,& Susiani, T.S. Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2017,1(2). Hlm. 127-133.
Jakni. Metodelogi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2016.
Khairin Nisaq, Pengaruh Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyrakat Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII MTsN 2 Bondowoso. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2).2020. Hlm.177-185.
Kopertis.SkorPISA: Posisi Indonesia Nyaris Jadi Guru Kunci. Diakses dari
http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadigurukunci.htm. 2013, 5 Desember.
Minasari, Uci. Pengaruh Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII MTs. Palembang: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah. 2017.
Poedjiadi, Anna. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005, Hal. 126.
Sholichah, A. S, Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Quran. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01). 2018. Hlm 23-46.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2018), 199.
Swarabawa, Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA, eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3, 2013.
Yunita. 2014.Model-model Pembelajaran. Bandung: CV.Insan Mandiri.
Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan dan Paradigma Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offiset, 2014), 215.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |