PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REGULASI DENGAN ORIENTASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 KROYA
Anggi Tias Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dari Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Regulasi dengan Orientasi Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 1 Kroya. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (RnD) dengan menggunakan model 4-D. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kroya. Sampel penelitian yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis model PBL (Problem Based Learning). Hasil dari lembar validasi LKPD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 91,7%. Dinyatakan sangat praktis dengan persentase 86,25%. Kemudian dikatakan efektif dengan melihat hasil perolehan N-Gain yang dihitung menggunakan SPSS didapatkan kategori efektif 78,0667% dengan nilai mean pada N-Gain score 0,7807. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Regulasi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu ajar biologi.
Kata kunci: LKPD; problem based learning; sistem regulasi
Full Text:
PDFReferences
Adela Fitria Audry, Hardiansyah, H., & Amalia Rezeki. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 128–139. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.158
ALDIYAH, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran Ipa Di Smp. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85
Amelia, V. (2021). Dampak Kurikulum 2013 Bagi Pendidik dan Peserta Didik. Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–6.
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66
Aunu Rofiq, Hawik Henry Pratiko, T. S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dan Permasalahannya (Studi Kasus Di Smk Ganesa Kabupaten Demak). Jurnal Pawiyatan, 26(1), 1–9.
Awal, R., Sari, E., & Rahmadhan, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI SMA Islam Terpadu Bangkinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1(2), 69–75.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073
Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74–78. https://journal3.uin- alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3143
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439
Dipuja, D. A., Lufri, L., & Ahda, Y. (2018). Development Biology Worksheet Oriented Accelerated Learning on Plantae and Ecosystems for 10th-Grade Senior High School Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335, 012092. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012092
Fifadhilni, S. M. (2022). Teknik Kombinasi: Metode Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab. Unpublished Manuscript, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesis, Universitas Riau, Riau., 1–7.
HUMOLUNGO, D. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem …. Skripsi. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431412004/pengembangan-lembar-kerja-peserta- didik-lkpd-berbasis-problem-based-learning-pada-pembelajaran-biologi-materi-sistem- reproduksi.html
Husnita, L., Astriani, M., Hidayat, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Kebutuhan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Sma Negeri 8 Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 121.
https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3762
Husniyah, Hidayati, Y., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Poe Dengan Teknik Concept. Natural Science Education Reseach, 2(2), 123–132.
Idi, A., & Idi, A. (2013). Jurnal Studi Al- Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’an Vol.9 , No.1. Tahun. 2013. Studi Al-Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 9(1), 12–26.
Ilma, A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Pendekatan Psychowriting Sman 13 Surabaya. Bapala, 4(1), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/19104
Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17
Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151
Kinanti, A. A., & Suprayitno. (2021). Materi Keragaman Ekonomi Di Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(07), 1–12.
Krismona Arsana, I. W. O., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817
Leli, N., & Sipayung, M. (2019). Perancangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Learning) Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.10522
Lufri, L., Laili, F., & Anhar, A. (2021). Effect Scientific Approach with Assistance of Student Worksheets based PBL towards Students’ Biology Affective Competence in Bacterial Learning Material. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012119. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012119
Maimufi, R., Haviz, M., Delfita, R., & Fajar, N. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 49. https://doi.org/10.31958/je.v2i1.3144
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.
Mulyati, S. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504.
Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1926– 1939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1069
Novi Ratna Dewi , I. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/9569
Pane, S. M., Lubis, M., & Sormin, S. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Kearifan Lokal Terintegrasi TPACK untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Efektifkah? Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 377–384. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52482
Prihadi, S. (2020). MANAJEMEN SUMBER BELAJAR : Definisi dan Keuntungannya. Spada UNS, 1–5.
Rahman, I. N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 99–110.
Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2), 209–222. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jbe%0AIdentifikasi
Sari, Windi, R., & Putri, Azza, Nuzullah; Murhartati, E. (2022). Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Stem Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 9(1), 2613–9936.
Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKALPINANG. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18515
Siboro, T. D., & Purba, S. T. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Sistem Regulasi Manusia. 4(1), 161–165.
Subagiyo, L., & Safrudiannur. (2014). Penerapa Strategi Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Jenjang Sd, Smp, Sma Dan Smk Di Kalimantan Timur Tahun 2013/2014. Pancaran, 3(1), 849–874.
Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021a). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) PENTINGNYA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK ( E-LKPD ) INOVATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ABAD 21 INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 09 Juli 2021 Diterima dalam bentuk ABSTRAK Kata kunci : Keywo. 2(7), 1256–1268.
Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021b). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-Lkpd ) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21 Info Artikel Diterima Diterima dalam bentuk review 09 Juli 2021 Diterima dalam bentuk ABSTRAK Kata kunci : Keywords : Pentingnya Lembar Kerja Peserta Di. 2(7), 1256–1268.
Tomczyk, Ł. (2020). Skills in the area of digital safety as a key component of digital literacy among teachers. Education and Information Technologies, 25(1), 471–486. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09980-6
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34
Yanti, C. F., & Suryelita, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Laju Reaksi. Edukimia, 3(2), 135–142. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i2.a197
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |