EFEKTIVITAS LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKALPINANG

Istu Hanan Shafira, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suratsih Suratsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD digital berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jenis penelitian berupa kuasi eksperimen dengan menggunakan  nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Sampel penelitian yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test dan uji Effect Sizes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD digital berbasis Problem Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik didasarkan pada hasil Independent T-test nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,021 < 0,05. LKPD digital berbasis Problem Based Learning cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai cohen’s d sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 73%.  Hal ini bermakna bahwa peseta didik cukup maksimal mencapai target keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan LKPD digital berbasis Problem Based Learning dalam pembelajarannya.


Keywords


lkpd; problem based learning; keterampilan berpikir kritis; sistem ekskresi

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Banjarani, T., dkk. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139.

Diani, R. dkk. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 265-275.

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Dores, J. I., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMAT, 2(2), 242-254.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical

Thinking Dispotions and Abilities.

Fitriah U.N & Ismono. (2017). LKPD Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 238-242.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Noprianda, M., dkk. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Virus. EDUSAINS, 8(2), 182-191.

Rahmawati, Ika., dkk. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 1112-1119.

Setijowati. (2017). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi USD. Yogyakarta: Jurnal Penelitian.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, I.T & Prima M.S. (2021). Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 12-22.

Wahyuni, S. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 3(1), 1-5.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.18437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.