ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH PADA BUKU TEKS/PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA MAGELANG
Yuliati Yuliati, , Indonesia
Tutiek Rahayu, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: konsep-konsep esensial dan non-esensial yang terdapat di dalam materi sistem peredaran darah;pendalaman, perluasan, dan penambahan konsep pada materi sistem peredaran darah; dankesinambungan konsep materi sistem peredaran darah dalam buku pelajaran IPA/Biologi pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berupa analisis isi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji kecocokan antar panelis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep materi sistem peredaran darah pada manusia mencakup konsep esensial dan konsep non-esensial, buku pelajaran pada setiap jenjang mengalami perluasan, pendalaman, pengurangan, dan terdapat konsep yang hilang, dan konsep sistem peredaran darah pada manusia dalam buku pelajaran pada setiap jenjang dinyatakan sebagian tidak berkesinambungan.
Kata kunci: Kesinambungan Konsep, Sistem Peredaran Darah pada Manusia,Buku Teks,Kurikulum 2013
Kata kunci: Kesinambungan Konsep, Sistem Peredaran Darah pada Manusia,Buku Teks,Kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i5.13885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |