ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PERINTIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU

Asri Nur Rahmawati,, , Indonesia
Suratsih Suratsih, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) profil umum KPS peserta didik kelas X SMA perintis implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman, (b) penguasaan aspek KPS peserta didik kelas X, (c) KPS siswa kelas X ditinjau latar belakang pendidikan guru. Sampel peserta didik dan guru diambil dengan teknik cluster random sampling, yakni peserta didik kelas X MIA dan guru biologi yang terpilih. Hasil penelitian menunjukkan (a) profil KPS siswa kelas X SMA perintis implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong dalam kategori tinggi (21,98), (b) persentase penguasaan KPS paling tinggi pada aspek melakukan pengukuran (88%) sedangkan penguasaan KPS terendah ada pada aspek membuat tabel (28%), (c) terdapat perbedaan profil KPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru.
Kata kunci: kurikulum 2013, keterampilan proses sains, latar pendidikan guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i3.13718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.