ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP SISTEM KEKEBALAN TUBUH DALAM BUKU AJAR BIOLOGI SMA DI YOGYAKARTA
Yuliati Yuliati, , Indonesia
Heru Nur Cahyo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam miskonsepsi dan persentase miskonsepsi pada konsep sistem kekebalan tubuh dalam buku ajar biologi SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan populasi semua buku ajar biologi SMA kelas XI di Kota Yogyakarta yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel sejumlah 3 buku ajar yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi teks yang digunakan pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Ahmad Naharuddin Ramadhan (2016) dan Maulana Malik Irsyad (2016) dan dimodifikasi untuk memuat konsep pada materi sistem kekebalan tubuh manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku ajar biologi memiliki rerata miskonsepsi 7,67%. Kategori miskonsepsi yang teridentifikasi pada ketiga buku ajar biologi adalah oversimplification (28,57%), misidentification (42,86%), undergeneralization (14,29%), overgeneralization (14,29%), dan tidak teridentifikasi kategori miskonsepsi obsolete concepts and terms (0%).
Kata kunci: analisis konten, miskonsepsi, buku ajar SMA, sistem kekebalan tubuh
Kata kunci: analisis konten, miskonsepsi, buku ajar SMA, sistem kekebalan tubuh
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |