PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS LINGKUNGAN TEKNOLOGI MASYARAKAT (SALINGTEMAS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMP DEVELOPHMENT OF SCIENCE MODULE BASED ON SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY APROACH TO IMPROVE CONCEPT UNDERSTANDING IN THE SUBJECT OF GLOBAL WARMING IN A SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S

Ummi Nur Baiti,
Sabar Nurohman,
Erfan Priyambodo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis sains lingkungan teknologi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam materi pemanasan global kelas VII SMP.Jenis penelitian ini adalah R & D dengan model 4-D (define, design, develop & disseminate). Kegiatan pada tahap define adalah analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan penyusunan tujuan pembelajaran. Kegiatan pada tahap design adalah penyusunan test, pemilihan media, pemilihan format, desain awal modul. Kegiatan pada tahap develop adalah peninjauan oleh pembimbing, validasi dosen ahli dan guru IPA, dan uji coba. Kegiatan pada tahap disseminate adalah penyebaran modul IPA terbatas pada peserta didik kelas VII D dan guru IPA SMP N 1 Prambanan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, lembar validasi Modul IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan Salingtemas, lembar angket respon peserta didik terhadap modul IPA, dan soal pretest-posttest pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor kuantitatif menjadi nilai kualitatif dengan lima kategori, persentase, gain skor ternormalisasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan Modul IPA berbasis salingtemas dalam materi pemanasan global meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan gain skor ternormalisasi sebesar 0,40 termasuk kategori sedang serta pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan modul IPA.

Kata kunci: Modul, IPA, Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat (Salingtemas), Pemahaman Konsep, Peserta didik SMP

This study aims to develop science module based on science environment technology society approach to improve student’s concept understanding in the subject of global warming in a seventh grade junior high school student’s. This study is research and development with 4-D models (define, design, develop & disseminate). Activities in define stage were front-end analysis,learner analysis,task analysis,concept analysis,and specifying instruction objective. Activities in design stage were constructing criterion-referencet test, media selection, format selection,and initial design. Activities in develop stage were lecturer review, expert appraisal, and developmental testing. Activities in disseminate stage was disseminate the science module to class VII D’s student and science teacher in SMP N 1 Prambanan. The instrument of this research and development included validation instrument of science module, observation sheet of the implementation science environment technology society approach, question sheet of student responses toward science module and concept understanding pretest-posttest. The data analysis technique are quantitative score conversion to qualitative value with five categories, percentage, normalized gain score and paired t-test. The result of this research and development was science module based on science environment technology society approach can improve student’s concept understanding with normalized gain score was 0,40 cetegorized as medium categories and student’s concept understanding improve significantly after using the science module.

Key Word: Module, Science, science environment technology society, concept understanding, Junior High School Student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.