PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TEMATIK SATE AMBAL TERHADAP LITERASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Hasna Dianing Fiyandita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ekosari Roektiningroem, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning (konten) tematik (potensi lokal) sate (ayam) Ambal terhadap literasi sains, keterampilan proses sains, dan literasi serta keterampilan proses sains peserta didik secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan subjek penelitian meliputi kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar pretest dan posttest literasi sains peserta didik, serta lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample T-test, uji effect size cohen’s, dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Project Based Learning (konten) tematik (potensi lokal) sate (ayam) Ambal terhadap (1) literasi sains, (2) keterampilan proses sains, dan (3) literasi serta keterampilan proses sains peserta didik secara simultan.


Keywords


keterampilan proses sains; literasi sains; pembelajaran tematik; potensi lokal sate ayam Ambal; project based learning

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., & Katili, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jambura Physics Journal, 3(2), 112–119. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i2.11166

Amran, Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 366–373.

Anggraini, P. D., & Cahyaka, H. W. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran STAD dan Model Konvensional Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TKP SMKN 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 10(2), 53–61.

Armiati, & Pane, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri SD Negeri 1 Panton Luas, Sawang, Aceh Selatan. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 7(1), 27–33.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education Eighth Edition.

Danianty, N., & Sari, P. M. (2022). Hubungan Literasi Sains dengan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 1007-1012.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65. https://media.neliti.com/media/publications/266982-peningkatan-kemandirian-dan-hasil-belaja-7ec07b2e.pdf

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.

Fadilah, Y. (2021). Pengaruh Dimensi-Dimensi Persepsi Risiko Terhadap Niat Berperilaku: Studi Pada Penikmat Sate Ambal Kebumen. Universitas Putra Bangsa.

Faslia, Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623

Febrianti, A., Jumanto, & Handayani, S. (2024). Hubungan Kemampuan Literasi Sains terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV di SDN Sambirejo Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 59–65.

Firdaus, A., Miranda, Y., & Sinaga, S. M. (2020). Implementasi Model PjBL terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Environment and Management, 1(3), 259–266. https://doi.org/10.37304/jem.v1i3.2572

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235–2240. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1711

Haritun, N., & Utaminingsih, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 57–62. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i2.56

Hasanah, M., Rosma, F., Maulida, & Harahap, V. Y. (2024). Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Model Project Based Learning pada Materi Sel di Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 375–384.

Herowati. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Perubahan Fisika dan Kimia terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik. JIRK: Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(12), 4603–4612. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.01.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cstp.2023.100950%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.007%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.trd.2021.102816%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tra.2020.03.015%0Ahttps://doi.org/10.1016/j

Ilmiati, A. (2024). Penerapan Model Discovery Learning terhadap Literasi Sains pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 4(2), 1768–1776. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.2989

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1313

Kahiking, E. C. (2022). Project Based Learning pada Literasi Sains Berbasis Budaya Lokal Bahari dengan Penggunaan Alat Wind Detection. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 177–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.428

Karmana, I. W. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 4(2), 79–92.

Kurniawan, I. (2024). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 5. Journal of Madrasah Studies, 1(1), 231–242.

Mahardika, K., & Widiastuti, N. L. G. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kelusa. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 13(1), 29–36. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1182.29-36

Maisyarah, & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171–184.

Mardianti, F., Yulkifli, & Asrizal. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Sainstek : Jurnal Sains dan Teknologi, 12(2), 91–100. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2435

Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2).

Mudakir, I. (2005). Keefektifan Penerapan Model SEQIP dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA di PGSD FKIP UNEJ. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 61-118.

Mujahidin, G. R., Rahman, G. G. A., Wilujeng, I., & Nugroho, S. D. (2023). Profile of Learners’ Scientific Literacy Through Local Culture- Based Learning of Dhadak Merak Reyog Ponorogo Dance. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 965–970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2753

Nasution, S. P. S., Jalmo, T., & Yolida, B. (2014). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 1–13.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23.

OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en

Oktariani, & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3194

Putri, D. A. (2024). Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di MIN 4 Ponorogo. 1–67.

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Efektifitas Online Project Based Learning Berbasis Ethnosains pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa selama Pandemi. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1065–1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.738

Rahmad, M., Yennita, Kurnia, N., & Hadi, M. S. (2018). Science Process Skills and Attitudes toward Science of Lower Secondary Students of Merbau Island: A Preliminary Study on the Development of MaritimeBased Contextual Science Learning Media. Journal of Educational Sciences, 2(2), 90–99. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.90-99

Rahmatia, A. (2022). Pengaruh Multimedia dan Kreativitas Guru Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 19–28.

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning untuk Membantu Siswa dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.43124

Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4

Rusminiati, N. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa antara yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5, 1–11.

Saleh, S. Y., Muhiddin, N., & Rusli, M. A. (2020). Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 75–86.

Setyaningrum, H. R., Atmojo, I. R. W., & Roy, A. (2024). Hubungan Antara Literasi Sains dan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Kognitif HOTS Mahasiswa PGSD. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 376–383.

Sobron, Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.

Susila, P. I. T., Winarni, E. W., & Koto, I. (2023). Pengaruh Pengunaan Media Flipbook dengan Pendekatan STEAM terhadap Literasi Sains. 2(2), 285–294. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kapedas/index

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694. https://www.chegg.com/writing/guides/research/mixed-methods-research/

TEMPO. (2022). Hasil Asesmen Pendidikan, Nilai IPA Jadi Nilai Terendah Siswa SMP di Yogyakarta. Tempo.Co. https://www.tempo.co/sains/hasil-asesmen-pendidikan-nilai-ipa-jadi-nilai-terendah-siswa-smp-di-yogyakarta-368732

Tumewu, W. A., Wulan, A. R., & Sanjaya, Y. (2017). Comparison between project-based learning and discovery learning toward students’ metacognitive strategies on global warming concept. AIP Conference Proceedings, 1848 (January), 1–5. https://doi.org/10.1063/1.4983981

Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 378–385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Widowati, A., Widyastuti, L., & Widodo, E. (2019). The profile of students’ scientific literacy in competence aspect in junior high school of Yogyakarta city. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032070

Wismaningati, P., Nuswowati, M., Sulistyaningsih, T., & Eisdiantoro, S. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Materi Koloid Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bervisi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2287 – 2294.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.