PENGARUH MODEL CTL MELALUI KEBUDAYAAN MERTI DUSUN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS
Didik Setyawarno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui kebudayaan merti dusun dengan kelas model Direct Instruction. 2) pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui kebudayaan merti dusun terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari enam kelas VIII SMP Negeri yang berlokasi di Magelang. Sampel penelitian ini sebanyak 59 peserta didik yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi berupa observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa soal pretest-posttest. Kualitas instrumen soal dianalisis menggunakan Model Rasch dengan INFIT MNSQ berkisar 0,77-1,33. Analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) ada perbedaan secara signifikan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui kebudayaan merti dusun dengan kelas model pembelajaran Direct Instruction. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan dengan hasil uji effect size sebesar 1,66 yang termasuk dalam kategori kuat terhadap kemampuan literasi sains.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kebudayaan merti dusun, kemampuan literasi sains.
Full Text:
PDFReferences
Aji, K. R., & Marsigit. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi bangun Ruang Sisi Datar Siswa SMP Kelas VIII. Journal Pedagogi Matematika, 5(3).
Chiappetta, E., L, F., & A, Sethna, G. H. (1993). Do Middle School Life Science Textbooks Provide a Balance of Scientific Literacy Themes? Journal of Research in Science Teaching, 30(2), 787–797.
Desfriyati, D., Nur Indah, A. P., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Menanamkan Sikap Budaya Lokal di Era Globalisasi pada Anak SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 128–133. Diambil dari https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3504.
H. Durasa, A.A.I.R. Sudiatmika, & I.W. Subagia. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51–36. Diambil dari https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.930.
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5. Diambil dari https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193.
Marfianingsih. (2017). Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Sabdodadi Keyongan. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(3), 232.
Masni. (2016). Implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 362–374.
Novitasari, A. T. (2022). Keterlaksanaan Pembelajaran Efektif Melalui Peran Profesionalisme Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Journal on Education, 5(1), 1179–1188. Diambil dari https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.624.
Nur, F. M. (2014). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Muara. Jupendas:, 1(2), 15–21. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/71198-ID-none.pdf.
Nurhasanah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 53. Diambil dari https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.129.
Pramesti, I. T., & Retnawati, H. D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP. Pedagogi Matematika, 5(7), 1–15. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jpm.v5i7.4562.
Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. Diambil dari https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.
Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Vol. 14, 17. Diambil dari http://repository.usd.ac.id/id/eprint/9419.
Setiani, S., Wardhani, I. S. K., Santosa, A. B., William, N., & Pratiwi, D. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Eksperimen Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sdn 1 Sukorame. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9. Diambil dari https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.364.
Setyowarno, D. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Butir Soal Dengan Analisis Aplikasi Quest. In Makalah PPM bagi guru IPA SMP di Sleman disampaiakan pada hari Sabtu, 9 September 2017 di Lab. Komputer IPA.
Sihono, T. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(1), 63–83.
Sumintono, B. (2016). Aplikasi Pemodelan Rasch pada asesmen pendidikan: Implementasi penilaian formatif (assessment for learning). Trim Komunikata Publishing House.
Suparman. (2020). Menemukan Karakteristik Butir Menggunakan Quest. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 83–104.
Winata Anggun, Sri, C., & W., I. S. R. (2016). Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016, 01(01).
Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMP di Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 190–201. Diambil dari https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3049.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
![]() | Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |