PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERBASIS INKUIRI PADA PEMBUATAN BATIK TERHADAP SIKAP KEBHINEKAAN GLOBAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Putri Anjarsari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berpendekatan Culturally Responsive Teaching berbasis inkuiri pada pembuatan batik terhadap sikap kebhinekaan global dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 3 Bantul dengan sampel kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) lembar angket sikap kebhinekaan global, dan (3) lembar soal pretest dan posttest berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berpendekatan Culturally Responsive Teaching berbasis inkuiri pada pembuatan batik terhadap sikap kebhinekaan global dan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi multivariate test < 0,05 yang menyatakkan bahwa Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprima, D. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. 13(1), 95–101.
Diana, N. P., Hariyono, E., & Maharani, T. D. (2024). Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPA : Analisis Soft Skills Peserta Didik SMPN 2 Lamongan. 13(2), 139–150. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i2.86585
Gay, G. 2000. Culturally responsive teaching: Theory, practice, and research. New York: Teachers College Press.
Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Literasi Pedagogi (SRADA) III, 24–31. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/470
Irmawati, et al. (2024). Penguatan profil pelajar pancasila dimensi kebhinekaan global melalui pendekatan. 09, 2744–2750.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl, 2(1), 76–84.
Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277–288.
Maghfirani, R. T. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. 1(5).
Mery, et al. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.
Mustika, D., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. 5(6), 6158–6167.
Riapratiwi, G., Nur, A., & Hasan, N. R. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di UPT SPF SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 800.
Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiyanti, A., Ernawati, T., Dewi, N. P., & Dwiyanti, L. (2022, July). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4.0. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp. 734-739).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
![]() | Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |