PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF

Amelia Putri Ainnurrahma, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Laifa Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik antara pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media puzzle dengan TGT berbantuan media gambar, serta mengukur pengaruh media puzzle terhadap kedua variabel tersebut. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Sampel terdiri dari kelas 8F (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas 8E (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol, dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen berupa tes pre-test dan post-test, angket motivasi belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U, Independent Sample t-test, dan uji effect size. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan pada motivasi belajar (sig. < 0,05) dan hasil belajar ranah kognitif (sig. < 0,05). Uji effect size menunjukkan pengaruh media puzzle terhadap motivasi belajar (0,6) dan hasil belajar (1,69). Pembelajaran TGT berbantuan puzzle terbukti efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar, sehingga disarankan sebagai inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.


Keywords


TGT, puzzle, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, H., Istianingsih Sastrodiharjo, & Farhan Saputra. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.16

Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.25716

Siang, J. L., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., Khasanah, U., & Artikel, I. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52.

Slavin, R. E. (1982). Cooperative Learning : Student Teams. What Research Says to the Teacher. In National Education Association.

Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 927–937. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.284

Yuliawati, N. A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Yuniati Chasanah. (2022). Pengembangan Media Puzpasarawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Paragraf Aksara Jawa Pada Peserta Didik Di Smp Negeri 3 Jumantono. Jawa Dwipa, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.