PENGARUH LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JOTFORM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Zuhdan Kun Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Jotform terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Berbah yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan VII C yang diperoleh dengan cara diundi. Teknik pengumpulan data keterlaksanaan pembelajaran dengan observasi dan kemampuan literasi sains menggunakan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 95,65 dan pada kelas kontrol sebesar 97,62. Terdapat perbedaan signifikan hasil kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Jotform dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada uji Independent Sample T-Test. LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Jotform berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dibuktikan dengan hasil uji Effect Size yang diperoleh sebesar 0,91 termasuk dalam kategori besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Jotform berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of Students’ Scientific Literacy in Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31-37. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5786
Awawangi, Y. G., Anom, I. D. K., & Rampe, M. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Lirung. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 3(1), 5-10.
Azura, A., & Octarya, Z. (2020). Desain dan Uji Coba Buku Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada Materi Asam Basa. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 2(1), 32–38. Retrievedfromhttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/417
Barokah, A., Kurnia, I. R., & Kalsum, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 91–95.
Becker, L. A. (2000). Effect Size Measures For Two Idependent Group. Jurnal: Effect Size Becker. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n624
Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Green Chemistry pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.
Forum, W. E. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. https://doi.org/10.1063/1.4938795
Ghufron, S., Nafiah, & Mariati, P. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKPD Berbasis Digital dengan Aplikasi Jotform bagi Guru SD di Magetan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 “Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri,” 1(1), 1136–1151. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.931
Ginting, N. F., Prastowo, P., & Yusuf, M. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 145–153. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1432
Handayani, G., Adisyahputra, & Indrayanti, R. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. 11(1), 21–31.
Haetami, A., Astuti, N. S., & Maysara. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Siompu Barat. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 64–70. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.205
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk the Programme for International Student Assesment (PISA). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 63–70. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2081
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Imaningtyas, C. D., Karyanto, P., Nurmiyati, N., & Asriani, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun
Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4-10.
Imawanty, I., & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 129–135. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/konvensiabkinxxi/article/download/464/416
Jaya, M. I., Marpaung, R. R. T., & Meriza, N. (2023). Pengaruh E-LKPD dalam Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 119–128.
Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3 (2): 101-108.
Lastri, N., Hamidah, A., & Hsb, M. H. E. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP Kelas VII. EduSains, 8(2),
Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK Oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29
Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 3(1), 43-52.
Muchyar, L. D. H., Widodo, A., & Riandi, D. (2015). Profil Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Kependudukan dan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 65. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.565
OECD. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. Paris: OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecdilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analyticalframework_9789264305274-en
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. Paris.
OECD. (2019). Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Onyema, E. M., Deborah, E. C., & Anthonia, U. O. (2019). Potentials of Mobile Technologies in Enhancing the Effectiveness of Inquiry-based Learning Approach. International Journal of Signal Processing (IJSP), 2(2), 1–22.
Putri, H., Kurniawan, D. A., & Simanjuntak, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 363–370.
Putri, M. H. K., & Rinaningsih. (2021). Efektivitas LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3), 222–232.
Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.
Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 105–113. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.14386
Tiwi, A., Bemi, W., & Harisman, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemecahan Masalah Matematis pada Peserta Didik Kelas VII SMP/ MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(3), 116–124.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Ta’dib, 23(1), 87–94. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1076
Yase, I. M. D., Basuki, B., & Savitri, S. (2020). Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Sirkulasi di SMA Negeri 5 Palangka Raya. Jornal of Biological Science and Education, 1(1), 10–15.
Zulanwari, Z. A., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains SiswaSMA Terhadap Soal-Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of ClassroomAction (JCAR), 5, 210–216. Retrieved from
http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
![]() | Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |