PENGARUH MODUL BERBASIS AUTHENTIC INQUIRY LEARNING BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Aisyah Nurul Janah, , Indonesia
Eko Widodo, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science,terhadap literasi sains peserta didik SMP. Penelitian merupakan penelitian quasy experiment dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Data diperoleh dari pretest-posttest dan lembar observasi literasi sains aspek konteks. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science berpengaruh terhadap literasi sains aspek konteks peserta didik dengan hasil uji-indepen dengan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,002. Besarnya perbedaan pengaruh literasi sains ditunjukkan dengan nilai effect size sebesar 1,44 yang masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis lembar observasi literasi sains peserta didik pada aspek menjelaskan fenomena ilmiah masuk kategori cukup, aspek mengevaluasi penyelidikan ilmiah kategori cukup, aspek merancang penyelidikan ilmiah dengan kategori kurang, dan untuk aspek menginterpretasikan data dan bukti ilmiah kategori cukup.
Kata kunci: modul, authentic inquiry learning, nature of science, science literacy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.