EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE BERBASIS EDMODO DITINJAU DARI LITERASI SAINS ASPEK KONTEKS
Sabar Nurohman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan literasi sains aspek konteks peserta didik pada pembelajaran IPA menggunakan media online berbasis edmodo dibandingkan menggunakan media konvensional dan mengetahui efektivitas penggunaan media online berbasis edmodo pada pembelajaran IPA kelas VIII terhadap literasi sains aspek konteks. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji n-gain dan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 22.0 serta effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan literasi sains aspek konteks peserta didik pada pembelajaran menggunakan media online berbasis edmodo dibandingkan menggunakan media konvensional dan penggunaan media online berbasis edmodo pada pembelajaran IPA kelas VIII efektif terhadap literasi sains aspek konteks dengan kategori tinggi.
Kata Kunci : efektivitas, literasi sains, literasi sains aspek konteks, media online, media online edmodo
Kata Kunci : efektivitas, literasi sains, literasi sains aspek konteks, media online, media online edmodo
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |