PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERMODIFIKASI BERMUATAN NOS TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SISWA SMP

Nurmaliasari Nurmaliasari, , Indonesia
Eko Widodo, , Indonesia
Asri Widowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan literasi sains aspek kompetensi peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri termodifikasi bermuatan Nature Of Science (NOS), (2) mengetahui perbedaan literasi sains aspek kompetensi peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri termodifikasi bermuatan NOS dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah 116 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri termodifikasi bermuatan Nature of Science (NOS) dan kelas VIII D yang menggunakan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu (1) soal pretest-posttest, (2) lembar observasi literasi sains aspek kompetensi, (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran inkuiri termodifikasi bermuatan Nature of Science (NOS). Teknik analisis data soal pretest-posstest dengan menggunakan uji paired t-test untuk mengetahui perbedaan literasi sains aspek kompetensi peserta didik antara sebelum dan sesudah dilaksanakan model pembelajaran inkuiri termodifikasi bermuatan NOS dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 serta uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan literasi sains aspek kompetensi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil Sig. (2 -tailed) sebesar 0,002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan literasi sains aspek kompetensi peserta didik antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan inkuiri termodifikasi bermuatan NOS.(2) Terdapat perbedaan signifikan literasi sains aspek kompetensi peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Kata Kunci : Aspek kompetensi, Inkuiri Termodifikasi, Nature of Science (NOS), Literasi Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.