PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM TERHADAP SIKAP INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP
Allesius Maryanto, , Indonesia
Eko Widodo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM terhadap sikap ingin tahu peserta didik SMP dan mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment, dengan non-equivalen group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 5 Magelang. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas VIII H dan kelas VIII F. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 52 siswa. Data sikap ingin tahu dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi sedangkan data keterampilan berpikir kreatif dikumpulkan dengan soal tes essay. Analisis data dilakukan dengan perhitungan skor gain ternormalisasi, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan independent t-test dan mencari besarnya effect size untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh dalam hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM terhadap sikap ingin tahu peserta didik SMP pada sub materi tekanan pada zat cair dengan nilai effect size sebesar 0,92 kategori besar, (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP pada materi tekanan pada zat cair dengan effect size sebesar 1,36 kategori besar.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, STEM, Sikap Ingin Tahu, Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran IPA, STEM, Sikap Ingin Tahu, Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |