Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang

Annisa Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator tim literasi, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Implementasi kebijakan gerakan literasi digital di SMP Negeri 1 Mungkid menunjukkan keberhasilan dan sudah efektif. Faktor penentu keberhasilan yaitu: a) Komunikasi melalui rapat koordinasi, grup whatsapp kelas dan wali murid; b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan finansial, fasilitas fisik, narasi petunjuk pelaksanaan dan teknis; c) Pelaksana kebijakan memiliki sikap dan komitmen yang cukup bagus; d) Struktur birokrasi dengan membentuk tim literasi siswa. Adapun kecakapan literasi digital guru dan siswa ditunjang dengan beberapa program antara lain program pembiasaan literasi menggunakan berbagai aplikasi, program sosialisasi UU ITE, pelatihan literasi digital guru maupun siswa.

Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Literasi Digital, SMP Negeri 1 Mungkid

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Potret Pendidikan Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.

Fairuza, N. & Amanta, F. (2021, 27 April). Memajukan Keterampilan Literasi Digital Siswa melalui Pemutakhiran Kurikulum Sekolah. Diakses pada 19 Oktober 2021 dari https://id.cips-indonesia.org/post/memajukan-keterampilan-literasi-digital-siswa-melalui-pemutakhiran-kurikulum-sekolah

Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 4(2), 99-105.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Magelangekspres.com. (2021, November). DPRD Kabupaten Magelang Dorong Peningkatan Literasi Digital. Diakses pada 9 Desember 2021 dari https://magelangekspres.com/dprd-kabupaten-magelang-dorong-peningkatan -literasi-digital/amp/

Peni, S. (2021). Pendidikan di Kabupaten Magelang pada Masa Pandemi Covid-19. Diakses pada 2 Juli 2022 dari https://magelangkab.go.id/home/ detail/pendidikan-di-kabupaten-magelang-pada-masa-pandemi-covid-19/4912#

Putri, I. I. M., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87-99.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180.

Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148-178.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i4.18071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics