ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI

Nur Al-Azizah Al-Hilmiyah, Universitas Negeri Yogyakarta
Suhartini Suhartini, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang terus dibiarkan. Solusi untuk permasalahan lingkungan datang dari semua sektor, terutama pendidikan. Solusi tersebut diimplementasikan melalui kegiatan adiwiyata. Keberadaan sekolah adiwiyata diharapkan dapat mengembangkan literasi lingkungan siswa. Tetapi kenyataannya tidak semua sekolah adiwiyata memiliki tingkat literasi lingkungan yang sangat baik dan dapat menjamin sepenuhnya peningkatan literasi lingkungan di kalangan siswa. Penghargaan tertinggi untuk sekolah adiwiyata adalah adiwiyata mandiri. Salah satu SMA Negeri di Kabupaten Sleman yang berada di kaki Gunung Merapi berhasil meraih penghargaan tersebut pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah adiwiyata mandiri di tingkat SMA dan untuk melihat implementasi empat komponen program adiwiyata tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode campuran menggunakan teknik tes dan non tes. Temuan pada penelitian ini berupa 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi lingkungan siswa program studi MIPA dan IPS, 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi lingkungan siswa berdasar jenjang kelas (X, XI, dan XII), 3) terdapat hubungan yang signifikan antar aspek literasi lingkungan. Kemampuan literasi lingkungan siswa secara keseluruhan dalam penelitian ini berada pada kategori sedang dan implementasi empat komponen program adiwiyata di SMA sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa hambatan.


Keywords


adiwiyata; empat komponen; jenjang kelas; literasi lingkungan; program studi

Full Text:

PDF

References


Miranto, S. (2017). Integrasi KonsepKonsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edusains, 9 (1). 81- 88

Nugroho, A. 2018. Aksi pendidikan lingkungan kaum muda yogyakarta dan pemanfaatan media online. Journal of Urban Sociology. Vol 1(2).

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Prayandana, S.P. (2020). Efektivitas peran United Nation framework convention on climate change (unfccc) periode 2015-2017 terhadap pencapaian sustainable development goals 7 affordable and clean energy di Indonesia. Doctoral Dissertation. Universitas Pertamina.

Sumarlin, Rahmawati, R. & Suratman. (2013). Persepsi dan Kepedulian Siswa Terhadap Pengelolaan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata. Majalah Geografi Indonesia, 27 (1), 39-55.

Utami, F. 2019. Upaya meningkatkan literasi lingkungan siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi ekosistem. Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
        

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.