PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK IPA SMP YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INQUIRY

Nurhidayati Nurhidayati, Joko Sudomo, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan model discovery learning dan inquiry learning di SMP Negeri 1 Wonosari. Desain penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan one case study dan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini ialah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen-1 menggunakan model pembelajaran discovery dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen-2 menggunakan model pembelajaran inqury (structured inquiry). Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi keterampilan proses sains dan (2) soal pretest-posttest hasil belajar kognitif. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T-test menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning dengan nilai signifikansi 0,014; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning.
Kata kunci: model discovery learning, model inquiry learning, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.