EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KETERAMPILAN KOOPERATIF DAN HASIL BELAJAR

Noviastri Herdinawati, Insih Wilujeng, Purwanti Widhy Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran langsung ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa, serta efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest, dan lembar observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent samplet t-test. Efektivitas model TGT dianalisis dengan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas yang diberi perlakuan pembelajaran TGT dengan kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran langsung ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa, serta pembelajaran model TGT lebih efektif ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa. Ukuran efek yang diberikan model TGT dalam peningkatan keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif termasuk kategori besar.
Kata kunci: Team Games Tournament (TGT), keterampilan kooperatif, hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.