PENGARUH LKPD IPA BERMUATAN NOS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Dayu Firdania, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA bermuatan Nature Of Science terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik SMP. Tema Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Prambanan Klaten. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKPD IPA bermuatan Nature Of Science dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan LKPD IPA Kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, (3) soal pretest, kuis dan posttest keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16.00 for windows. Uji hipotesis berupa uji Paired Sample T-test, Independent Sample T-test, dan effect size. Hasil analisis data diperoleh rata–rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen sebesar 92,50 % dalam kategori sangat baik. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran kelas kontrol sebesar 95,80 % dalam kategori sangat baik. Hasil analisis observasi keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen diperoleh rata-rata keseluruhan aspek sebesar 14,88 dalam kategori baik. Hasil analisis observasi keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol diperoleh rata – rata sebesar 11, 13 dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil analisis skor pretest dan posttest dengan Uji Paired Sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,025 dan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,025. Besar perhitungan effect size pada skor pretest dan posttest didapatkan besarnya nilai Cohen’s d = 1,69 yang termasuk dalam kriteria besar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis simpulan dari penelitian adalah LKPD IPA bermuatan NOS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Kata kunci: LKPD IPA,Nature Of Science, Keterampilan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.