PENGARUH PENERAPAN LKPD IPA BERBASIS SIKLUS BELAJAR LAWSON TERHADAP SIKAP INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

Asri Maharani, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis siklus belajar Lawson terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diperoleh metode cluster random sampling. Kelas VIII F merupakan kelas eksperimen, melaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis siklus belajar Lawson sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol menggunakan LKS Sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap ingin tahu peserta didik yaitu angket dan lembar observasi untuk mengamati sikap ingin tahu. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent t-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif awal peserta didik, paired t-test untuk mengetahui pengaruh LKPD terhadap kemampuan kognitif sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan uji manova untuk mengetahui pengaruh LKPD terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik serta uji effect size untuk mengetahui besarnya pengaruh.
Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan LKPD IPA berbasis siklus belajar Lawson terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata kunci: Kognitif, LKPD, Siklus Belajar Lawson, Sikap Ingin Tahu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.