SIMULAKRA DALAM GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Arjuna Putra Aldino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisa dan refleksi kritis terhadap Game Edukasi sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat ditemukan uraian problematika mendasar seputar pembelajaran melalui Game Edukasi. Terutama terkait bagaimana realitas dan ruang konseptual yang dikonstruksikan oleh Game Edukasi sebagai sebuah realita pembelajaran yang dihadapi pemain. Game Edukasi yang menjadi subjek penelitian ialah game Dora The Explorer. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis untuk mengungkap fenomena dibalik realitas yang dikontruksi oleh Game Edukasi. Untuk itu, penelitian ini juga menggunakan metode analisis teks sebagai metode analisis data. Tujuannya ialah untuk membongkar semua ekspresi simbolik dari apa yang dihayati sebagai “objective reality” dalam Game Edukasi. Terutama soal pencitraan visual yang disebut oleh Jean Baudrillard sebagai simulacra. Dan peneliti menemukan bahwa realita yang dikontruksi oleh Game Edukasi ini ialah realitas simulacra, yakni realita maya namun nampak nyata. Bahkan ia menghasilkan sebuah dunia hiperealitas, yakni dunia yang tak lagi mengacu pada realitas nyata.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter