PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK BERBASIS LITERASI MEMBACA UNTUK SISWA KELAS IV SD N SLEMBARAN NO.100 SURAKARTA

Kukuh Ardy Haryanto

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Buku Ajar Tematik Berbasis Literasi Membaca yang layak dan praktis bagi siswa kelas IV SD Negeri Slembaran No.100, Surakarta. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi prosedur dari model Borg & Gall yang dikolaborasikan dengan model pengembangan ADDIE serta tahapan uji formatif oleh Atwi Suparman. Hasil rata-rata skor akhir penilaian kelayakan produk oleh ahli materi sebesar 4,1 (kategori “Sangat Baik”) dan ahli media mendapatkan skor sebesar 4,25 (kategori “Sangat Baik”). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,97 (kategori “Layak”) dan pada uji coba lapangan utama memperoleh skor hasil penilaian sebesar 1 (kategori “Layak”). Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk Buku Ajar Tematik Berbasis Literasi telah layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pendukung literasi bagi siswa kelas IV SD Negeri Slembaran No.100, Surakarta.
Kata kunci: pengembangan, buku ajar, tematik, literasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter