PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PEMBELAJARAN SAINS DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA STIMULASI POLA BERFIKIR KREATIF DAN INOVATIF PADA USIA REMAJA

Lismayasari Annisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan produk e-book interaktif pambelajaran sains dan teknologi sebagai media stimulasi pola berfikir kreatif dan inovatif yang layak pada anak usia remaja. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Gall, Gall & Borg disederhanakan oleh Dick & Carey, dan adopsi model pengembangan dari Alessi & Trollip. Langkah penelitian sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan yang dikolaborasikan dengan tahap perencanaan (planning) dari Alessi dan Trollip, (3) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap design-development dari Alessi dan Trollip. (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji coba lapangan utama. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh dosen sebagai ahli media dan ahli materi, subjek penelitian oleh siswa kelas IX SMP. Uji coba pengguna dilakukan dengan 2 tahap, yaitu uji coba lapangan awal dengan 7 siswa dan uji coba lapangan utama dengan 18 siswa. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner online. Teknik analisis data menggunakan acuan teknik kuantitatif-deskriptif. Hasil skor penilaian dengan skala likert dari uji alpha kepada ahli materi mendapat nilai 4,90 (Layak) dan ahli media mendapat nilai 4,95 (Layak). Selanjutnya, hasil skor penilaian dengan skala guttman dari uji coba lapangan awa mendapat nilai 0,910 (Layak) dan pada uji coba lapangan utama mendapat nilai 0,989 (Layak).
Kata kunci: E-Book Interaktif, Sains dan Teknologi, Kreatif Inovatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter