PENGEMBANGAN INSTRUMEN METODE SURVEI EVALUASI BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKSI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA

Hargo Dwi Laksono

Abstract


Penelitan bertujuan (1) mengembangkan instrumen metode survei ranah kognitif dan afektif mata kuliah pendidikan agama Islam, (2) mengetahui penilaian serta saran ahli materi dan ahli evaluasi terhadap produk instrumen survei ranah kognitf dan afektif, (3) mengukur capaian belajar mahasiswa pada mata kuliah pendidikan agama Islam materi keberagaman agama dengan ujicoba produk, (4) mengetahui kelayakan produk.
Metode yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). Penelitian pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017-2018 menggunakan angket platform googelform.
Hasil penelitian dan pengembangan: pengembangan menggunakan tahapan ADDIE. Tahapannya: analysis, design, development, dan implementation. Dalam pengembangan dibutuhkan validasi dan penilaian dari ahli materi dan ahli evaluasi yang hasilnya didapatkan nilai 4,00 untuk penilaian ahli materi dan 3,40 penilaian dari ahli evaluasi,selanjutnya produk direvisi bedasakran saran ahli yang kemudian dilakukan uji coba secara 2 kali yaitu kelompok kecil dengan 5 responden mahasiswa dan kelompok besar dengan 20 responden mahasiswa dengan hasil uji coba kelompok kecil mendapat 57 poin untuk ranah kognitif dan 25 poin untuk ranah afektif, kemudian uji coba kelompok besar dengan hasil 253 poin untuk ranah kognitif dan 151 poin untuk ranah afektif yang dapat disimpulkan dari kedua uji coba dalam capaian belajar pada materi keberagaman agama pada mata kuliah pendidikan agama Islam lebih baik secara kognitif daripada ranah afektifnya.
Kata Kunci: Instrumen survei, Mahasiswa, Kognitif, Afektif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter