PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN KERJA HOTEL STAFF DI BLKPP DIY

Lutfi Arsi Astuti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Pelatihan Kerja Hotel Staff di Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Profuktivitas Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, 1) input pembelajaran: a) BLKPP DIY telah melakukan identifikasi dan analisis karakteristik peserta pelatihan, b) kualifikasi peserta berdasarkan identitas peserta, kemampuan awal, motivasi, kesibukan, dan kesediaan peserta tidak mengundurkan diri, c) jumlah peserta adalah 16 peserta, d) instruktur memenuhi kualifikasi dari tingkat pendidikan, kompetensi, dan pengalaman sebagai instruktur, e) instruktur telah membuat dan mengembangan GBPP, f) kurikulum telah dikembangkan oleh instruktur, g) tersedia sarana pembelajaran dengan kualitas baik, dan kuantitas yang mencukupi, h) prasarana pembelajaran dalam keadaan siap pada proses pembelajaran, i) pengorganisasi materi dalam jadwal kurang disusun dengan baik, materi pelatihan yang diberikan telah sesuai SKKNI dan kebutuhan industri perhotelan, 2) proses pembelajaran: a) media pembelajaran: modul pembelajaran, bahan diskusi, alat praktek, buku pembelajaran, PPT, dan video/film, b) metode pembelajaran: metode belajar secara mandiri/individu, belajar kelompok, ceramah, demonstrasi, tanyajawab, diskusi, simulasi, bermain peran, dan praktek, c) proses pembelajaran pada pelatihan Hotel Staff memiliki porsi 30% teori dan 70% praktek, mampu melibatkan partisipasi peserta, sangat menarik dan membuat peserta bersemangat terutama saat praktek, 3) output pembelajaran: a) BLKPP DIY telah melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, b) hasil belajar peserta adalah sertifikat pelatihan dengan keterangan kompeten, c) tingkat kelulusan dan kualitas lulusan cukup rendah.
Kata kunci: pembelajaran

Abstrak
This research aims to describe about the Learning Implementation Of Hotel Staff Vocational Training At BLKPP DIY. This research is a descriptive research and the data analyzed using the qualitative approach. The results of the study are as follows, 1) the learning input: a) BLKPP DIY has indentified and analyzed the characteristics of the training participants, b) the qualifications of the participants based on the participant’s identity, initial ability, movivation, busyness, and willingness not to resign, c) the number of participants is 16 participants, d) the instructors has the qualifications of the level of education, competence and experience as an instructor, e) the instructors has made and developed GBPP, f) the curriculum has been developed by the instructors, g) available learning facilities with good quality, and sufficient, h) learning infrastructures in a state ready for learning process, i) organizing the material in the schedules is not well arranged, training materials proper media: learning modules, discussions materials, practical tools, learning book, PPT, and video/films, b) learning methods: individual learning, group learning, lectures, demonstrations, questions and answers, discussion, simulation, role play, and practice, c) the learning process in the Hotel Staff training has 30% of theory and 70% of practice is able to involve participants participation, very attracts, and makes participants excited especially when praticing, 3) learning output: a) BLKPP DIY has evaluated the process and results of learning, b) learning outcomes of participants is the training certificate with a competent statement, c) the level of graduation and the quality of graduates is quite low.
Keywords: learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter