EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH

Tera Meinta Dwi Kartika

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah ditinjau dari model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini diselenggarakan di PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta, penyelenggara, dan instruktur. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan program pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah di PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Evaluasi context dari program pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah meliputi latar belakang program, tujuan program pelatihan, dasar hukum program pelatihan 2) Evaluasi input dalam program pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah ini meliputi kompetensi instruktur, kompetensi peserta, kualitas materi, sarana dan prasarana, pemberian informasi. 3) Evaluasi process meliputi strategi pelaksanaan program, kemampuan instruktur, kemampuan peserta, evaluasi proses pembelajaran, 4) Evaluasi product meliputi ketercapaian tujuan program pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah.
Kata kunci : Evaluasi, Pelatihan

Abstract
The purpose of this research is to evaluate 2013 curriculum training program for principals viewed from CIPP model (context, input, process, and product). This research is a evaluative research with qualitative approach. The subjects are the participants, managements, and the instructors. The object is the implementation of 2013 curriculum training program for principals at PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta. The results that has been done shows 1) Context evaluation consists of the background, purposes, and the legal base of the program. 2) Input evaluation consists of the competence of instructors and the participants, quality of the materials or the substantial quality, facilities, infrastructure, and the act of giving informations. 3) Process evaluation consists of the practical strategy of the program, the competence of instructors and participants, and the evaluation of learning process. 4) Product evaluation consist of the achievements of 2013 curriculum training program for principal’s purpose.
Keyword : evaluation, training


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter