EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM, SLEMAN

Lia Ismiasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui metode role playing dalam mata pelajaran
bahasa Indonesia terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Muhammadiyah
Pakem Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment, dengan
variabel terikat keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa, serta variabel bebas
adalah metode role playing. Desain penelitiannya yaitu pretest-postest control group
design. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Pakem
Sleman, 17 siswa kelas IPS sebagai kelas eksprerimen dan 15 siswa kelas IPA sebagai
kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test),
hasil uji t diperoleh t hitung yaitu 2,144 dan memperoleh signifikansi 0,40 lebih besar
dari 0,05 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan perbedaan rata-rata (mean)
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sebesar 4.00

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter