MEMBATIK DENGAN BUBUR TEPUNG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK CEREBRAL PASLY DI SLB-G DAYA ANANDA

Ayu Lestari Octiva

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran batik bubur tepung untuk meningkatkan proses pembelajaranserta untuk meningkatkan kreativitas anak cerebral palsy di rombel kelas 7 dan kelas 9 SLB-G Daya Ananda. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan: (1) Peningkatan kemampuan berkreativitas yang dilihat dari hasil penilaian kreativitas, (2) Peningkatan kesadaran untuk menerapkan prinsip desain yang dilihat dari hasil observasi, (3) Peningkatan respon positif terhadap tindakan yang dilihat dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan membatik menggunakan bubur tepung yang diaplikasikan dengan kuas lebih diminati anak cerebral palsy karena sifatnya yang aman dan nyaman digunakan, dengan begitu kreativitas menjadi meningkat. Berdasarkan analisis pretest, tindakan I, hingga tindakan II, diketahui bahwa terjadi peningkatan skor kreativitas, peningkatan kesadaran untuk menerapkan prinsip desain, dan peningkatan respon positif terhadap tindakan. 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.