PENCIPTAAN DOMPET KULIT DENGAN ORNAMEN LEGENDA RATU LAUT SELATAN

Abdul Muntolib

Abstract


Tugas Akhir Karya Seni ini bertujuan mendeskripsikan proses penciptaan dompet kulit. Kulit yang digunakan adalah kulit yang telah disamak dengan bahan nabati. Pembuatan dompet tersebut menggunakan teknik carving dengan ornamen Legenda Ratu Laut Selatan.

 Penciptaan karya dompet kulit ini dilakukan dengan berpedoman pada metode penciptaan karya seni yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Tahap eksplorasi kegiatan yang dilakukan adalah mencari data dari media dan melalui studi pustaka. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan, pada tahap ini langkah awal adalah pembuatan sketsa altenatif, pembuatan gambar kerja dari sketsa terpilih dan pembuatan gambar ornamen. Tahap yang terakhir adalah tahap perwujudan, dalam tahapan ini dilakukan proses berkarya sesuai dengan rancangan.

 Hasil penciptaan karya berjumlah sepuluh. Ornamen yang divisualkan adalah tokoh-tokoh yang ada dalam Legenda Ratu Laut Selatan. Pada Long wallet 1 Senopati Bertapa, Long Wallet 2 Kanjeng Ratu Kidul, Long Wallet 3 Gandrung, Standar Wallet 1 Paes Ageng, Long Wallet 4 Raden Ronggo, Long Wallet 5 dan Standar Wallet 2 Kyai Tunggal Wulung, Long Wallet 6 Bedhaya Ketawang, serta Medium Wallet dan Standar Wallet 3 yaitu Sembrani. Semua karya tersebut memiliki karakter kulit nabati natural dengan ornamen memvisualkan Legenda Ratu Laut Selatan. Bagian interior diberi kombinasi garis lurus dan lengkung.

 

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.