ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KERIS JAWA (Kajian Tentang Nilai Pendidikan Karakter pada Pamor, Luk, dan Dhapur Keris Jawa Berdasarkan Makna Simbolik)

Rojali Said

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada keris ditinjau dari makna
simbol. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuatitatif, dengan  objek material berupa bentuk
pamor, luk,  dan  dhapur  keris, serta objek formal berupa makna  yang terdapat dalam  pamor, luk  dan
dhapur keris. Data primer diperoleh melalui kajian literatur buku tentang keris yakni: Ensiklopedi Keris,
Pamor Eksotik Tosan Aji, Keris Indonesia: Estetika dan Makna Filosofi, Mengenal Keris: Senjata Magis
Masyarakat Jawa.  Data sekunder diperoleh melalui wawancara ahli dengan Ima Ismara.  Penelitian
difokuskan pada 35 bilah keris yang dipilih secara  random  dan atas pertimbangan kepopuleran  keris
tersebut dalam masyarakat.  Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa  nilai pendidikan
karakter dalam keris merupakan  representasi dari  makna simbolik  keris yang mana makna tersebut
sejatinya merupakan doa atau harapan dari sang pembuat keris maupun pemesan keris. Nilai pendidikan
karakter  dalam keris  dapat dijadikan sebagai materi  pendidikan karakter  dalam lingkup pendidikan
formal, informal maupun nonformal berdasarkan sembilan pilar pendidikan karakter oleh Megawangi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.