PEMBELAJARAN TEKNIK KERJA UKIR JURUSAN DESAIN DAN PRODUK KREATIF KRIYA KAYU DAN ROTAN DI SMK 1 NEGERI DLINGO BANTUL

Suprayitno Suprayitno

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosesdan hasil pembelajaran teknik kerja ukir. Jenis penelitian yan digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pembelajaran teknik kerja ukir dapat diuraikan sebagai berikut : (1) Pembelajaran teknik kerja ukir dimulai dengan persiapan silabus,rencana pelaksanaan pembelajaran danmedia pembelajaran gambar serta model ukiran. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan memotivasi, penjelasan tujuan pembelajaran, dan target yang harus dicapai. Kegiatan inti meliputi membuat sket, mempresentasikan sket, pembahanan kayu, membuat bentuk luar ukiran, mengukir, dan penyelesaian ukiran. Dan kegiatan penutup meliputi tugas rumah serta arahan pertemuan selanjutnya. Penilaian pembelajaran yang digunakan ialah evaluasi lisan, evaluasi proses, dan evaluasi tertulis. (2) Hasil pembelajaran teknik kerja ukir yaitu karya ukir tradisional motif Mataram dan motif Madura. Pembelajaran teknik kerja ukir bisa dikatakan berhasil karena nilai pengetahuan dan nilai keterampilan yang  didapatkan peserta didik diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70,00.
Kata Kunci : pembelajaran teknik kerja ukir.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.