SITUS SEJARAH PLERET DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI SMP N 2 PLERET BANTUL GUNA PENINGKATAN KARAKTER SISWA

Riko Prasstya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata-kata
dan tindakan yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat bantu alat
tulis, perekam dan kamera. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi.
Analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan (1) persiapan pembelajaran keterampilan batik dimulai dengan: pertama, persiapan
silabus disususn oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) batik Kabupaten Bantul.
Kedua, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dengan proses pembuatan RPP oleh guru mata
pelajaran muatan lokal batik di SMP Negeri 2 Pleret. Ketiga, penyiapan alat dan bahan ajar. Guru
mata pelajaran batik bersama siswa menyiapkan kompor, memanaskan malam (lilin) dan menyiapkan
kain terlebih dahulu alokasi waktu mata pelajaran keterampilan batik dua jam mata pelajaran (2 X 40
menit). (2) kegiatan proses pembelajaran muatan lokal batik dilakukan di  SMP Negeri 2 Pleret
diawali pendahuluan meliputi motivasi dan apresiasi, kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi, kemudian penutup. Proses pembelajaran meliputi membuat batik tulis semi klasik dengan
motif terinspirasi dari cagar budaya situs pleret untuk menanamkan nilai-nilai cinta budaya lokal
khususnya situs sejarah kerajaan mataram Islam Pleret. (3) Evaluasi diberikan ketika siswa dalam
kegiatan pembelajaran dari pembuatan karya, tugas pekerjaan rumah dan tes tertulis yang diajukan
pada saat ujian akhir semester.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.