PENGEMBANGAN ULAR TANGGA TEMA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga tema
hewan di lingkungan sekitar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang layak untuk siswa kelas II SDN Sinduadi
Barat Mlati Sleman. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian model Research and Development (R&D)
menurut Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan sembilan langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan data
awal, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan,
penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir. Hasil dari
penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) ular tangga tema hewan di
lingkungan sekitar ini sudah layak. Layak dibuktikan dengan validasi ahli media yang menunjukkan nilai “Sangat
Baik”, validasi ahli materi yang menunjukkan nilai “Sangat Baik”, uji coba lapangan awal yang menunjukkan nilai
“Baik”, uji coba lapangan dengan nilai “Baik” dan uji coba pelaksanaan lapangan dengan nilai “Baik”.
Kata kunci: Alat Permainan edukatif, Ular Tangga, Hewan, Siswa SD
Abstract
The goal of development research is to create snake and ladder educative game with animals in surrounding
envirenment theme for science subject which reasonable for the second grade students of SDN Sinduadi Barat
Mlati Sleman. According to Borg and Gall. This research used R&D model. This research used nine step, that is
research and collecting the first data, planning, developing draft product, testing the first field, revissing the result
of the experiment, testing field, complementing the result of the field, testing of field implementation,
complementing the last product. The result of the development research showed that educative games (APE) snake
and ladder with animals in surrounding envirenment theme had been reasonable, it proven by media expert
validation which showed “excellent” grade, the materials validation which showed “excellent” grade. Testing the
first field showed “good” grade, testing field showed “good” and testing of field implementation showed “good”.
Keywords: educative games, snake and ladder, animal, student of elementary school
Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga tema
hewan di lingkungan sekitar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang layak untuk siswa kelas II SDN Sinduadi
Barat Mlati Sleman. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian model Research and Development (R&D)
menurut Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan sembilan langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan data
awal, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan,
penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir. Hasil dari
penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) ular tangga tema hewan di
lingkungan sekitar ini sudah layak. Layak dibuktikan dengan validasi ahli media yang menunjukkan nilai “Sangat
Baik”, validasi ahli materi yang menunjukkan nilai “Sangat Baik”, uji coba lapangan awal yang menunjukkan nilai
“Baik”, uji coba lapangan dengan nilai “Baik” dan uji coba pelaksanaan lapangan dengan nilai “Baik”.
Kata kunci: Alat Permainan edukatif, Ular Tangga, Hewan, Siswa SD
Abstract
The goal of development research is to create snake and ladder educative game with animals in surrounding
envirenment theme for science subject which reasonable for the second grade students of SDN Sinduadi Barat
Mlati Sleman. According to Borg and Gall. This research used R&D model. This research used nine step, that is
research and collecting the first data, planning, developing draft product, testing the first field, revissing the result
of the experiment, testing field, complementing the result of the field, testing of field implementation,
complementing the last product. The result of the development research showed that educative games (APE) snake
and ladder with animals in surrounding envirenment theme had been reasonable, it proven by media expert
validation which showed “excellent” grade, the materials validation which showed “excellent” grade. Testing the
first field showed “good” grade, testing field showed “good” and testing of field implementation showed “good”.
Keywords: educative games, snake and ladder, animal, student of elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.