PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SDN REJOSARI GUNUNGKIDUL

Asma Desi Ratna Sari,

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media peta budaya Indonesia
pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang “Keragaman Suku dan Bangsa” yang layak bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rejosari Gunungkidul. Penelitian pengembangan ini
menggunakan metode yang mengadaptasi dan memodifikasi langkah-langkah penelitian dan
pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1)
penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba
lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, 7) merevisi hasil uji
coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir. Teknik dan
pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif ke data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan
media peta budaya Indonesia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi siswa kelas IV SD
Negeri Rejosari menggunakan 9 langkah yang diadaptasi dari Borg and Gall. Pengembangan media
peta budaya Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial telah memenuhi kategori layak
menurut hasil validasi ahli materi, ahli media, serta uji coba. Hasil penelitian menunjukkan penilaian
dari ahli materi memperoleh kategori sangat layak (rata-rata 4,5) dan penilaian dari ahli media
memperoleh kategori sangat layak (rata-rata 4). Hasil penilaian pada uji coba lapangan awal
memperoleh kategori layak (rata-rata 0,93), hasil uji coba lapangan memperoleh kategori layak
(rata-rata 0,92), dan hasil uji pelaksanaan lapangan memperoleh kategori layak (rata-rata 0,99).
Kata Kunci: Media Peta, Peta Budaya Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, SD
Abstract
This development research aims to produce peta budaya Indonesia media on the subjects of social
sciences on "Keragaman Suku Bangsa dan Budaya" eligible for fourth grade students of SD N Rejosari
Gunungkidul. The development of research was used methods that adapt and modify the steps of
research and development by Borg and Gall. Steps to be taken in this development research were: 1)
research and data collection, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) preliminary field
testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product revision, 8) operation
field testing, 9) refinement of the final product. Techniques and use traditional data collecting
interviews, observation, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used was
the analysis of quantitative data into qualitative data. Development research results on media peta
budaya Indonesia on social science for fourth grade SD N Rejosari uses 9 steps adapted from Borg
and Gall. Peta budaya Indonesia media development in the subjects of Social Sciences has met the
adequate category throught the results of validation of materials experts, media experts, and field.
This results showed the expert assessment of material gain was very decent categories (average 4.5)
and the assessment of media experts obtain highly viable category (average 4). Assessment results in
preliminar field was categorised as decent categories (average 0.93), the results of main field testing
was include in categories (average 0.92), and the results of the field test execution to obtained
decent categories (average 0.99 ).
Keywords: Media Map, Peta Budaya Indonesia, Social Sciences, SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter