PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Desy Rahmawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam pemanfaatan internet di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Muhamamdiyah 1 Sleman. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa masih belum optimal. Hal ini karena waktu siswa dalam memanfaatkan internet saat jam pelajaran di sekolah dan belum konsisten yaitu antara 10 menit sampai 4 jam. Namun siswa di sekolah ini sudah dapat menjelajah web, dan memanfaatkan e-mail. Cara siswa dalam mencari materi di internet yaitu dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan yang diinginkan atau dibutuhkan. Setelah itu, siswa membaca materinya untuk mengetahui kesesuaian materi yang ada di internet dengan yang diajarkan guru, dan kemudian siswa mendownloadnya. Mata pelajaran yang dicari oleh siswa yaitu Bahasa Inggris, Fisika, Animasi 2 Dimensi dan lain sebagainya. Sementara bentuk materi yang dicari yaitu berupa teks dan gambar. Faktor pendukung eksternal bagi siswa yaitu adanya fasilitas pribadi siswa, kurangnya materi yang ada di buku, adanya tugas dari guru, tersedianya fasilitas dari sekolah, dan adanya kebijakan sekolah dalam mengakses hotspot internet sekolah. Sementara faktor penghambat internal bagi siswa yaitu adanya rasa malas, siswa kesulitan untuk berkonsenterasi dalam belajar dan faktor penghambat eksternal bagi siswa yaitu peralatan dipinjam teman, perggantian password hotspot internet sekolah secara berkala serta adanya masalah jaringan.
Kata kunci: internet, sumber belajar, jurusan multimedia, SMK
Abstract
This research aims to describe the use of the Internet as a source of learning and supporting and prohibiting factors at SMK Muhammadiyah 1 Sleman. This is a descriptive research. The subject of this research is class XI students of Department of Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Methods of data collection using observation and interviews. The technique used to analyze data is descriptive. The results of the research shows that the use of the Internet as a source of learning for students is still not optimal. It is still not optimal because the time students in utilizing the internet when hours of instruction in school have not been consistent that is between 10 minutes to 4 hours. However, students in this school are already able to browse the web and utilize e-mail. The way that the students search for material on the internet is by typing the desired or needed keyword. After that the students read the material for determining the suitability between the material on the internet and material taught by teachers, and students can download it. The Subjects that are searched by students are English, Physics, 2 Dimensional Animation and etc. Meanwhile, the material forms that are searched by students are texts and images. The external supporting factors for students are the students’ personal facilities, the lack of material contained in the book, the task from teachers, the availability of school facilities, and the school policy in accessing the school internet hotspot. The other internal prohibiting factors for students are the laziness, the students concentration on learning difficult materials and the external factors for students are the equipment borrowed by friends, the periodic changes of password of school internet hotspot any network problems.
Keywords: internet, learning resources, department of multimedia, vocational high school (SMK)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter