IMPLEMENTASI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM FILM “PADA ZAMAN DAHULU - KANCIL YANG BIJAK”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip desain pesan pembelajaran dan bentuk implementasi prinsip desain pesan pembelajaran dalam film animasi Pada Zaman Dahulu - Kancil yang Bijak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar koding. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implementasi prinsip desain pesan pembelajaran yang meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan balik, dan perulangan. Adapun bentuk implementasi prinsip desain pesan pembelajaran sebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penampilan judul, misi karakter, dan memberitahukan manfaat film, 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi daya tarik karakter, musik, emosional, humor, rasa bersalah, serta teknik penyajian bervariasi lainnya seperti fabel, 3) partisipasi aktif dibuktikan dengan adanya partisipasi mental berupa respon tidak nampak (memikirkan sesuatu), 4) umpan balik yang di tuangkan berupa umpan balik informatif, peringatan, dan motivasi,
5) perulangan yaitu memberikan kesimpulan berupa peribahasa yang sesuai dengan cerita.
5) perulangan yaitu memberikan kesimpulan berupa peribahasa yang sesuai dengan cerita.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.