KOMPETENSI GURU SD DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PACAR SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru SD N Pacar dalam menerapkan metode pembelajaran yang mencakup: (1) pemahaman tentang metode pembelajaran; (2) pelaksanaan metode pembelajaran; dan (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemahaman tentang metode pembelajaran, yang meliputi; (a) definisi metode pembelajaran (b) macam-macam metode pembelajaran
(c) faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan metode (2) Pelaksanaan, meliputi; (a) tahap persiapan (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap mengakhiri pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan penghambat, yang meliputi; (a) faktor pendukung, terdiri atas kompetensi dan ketersediaan media yang cukup untuk mendukung guru untuk menyampaikan materi; (b) faktor penghambat, terdiri atas faktor struktural yaitu alokasi waktu yang kurang dan penyajian materi di buku pegangan murid yang kurang mendalam, faktor kultural yaitu pemilihan metode dengan memilih metode yang dianggap paling mudah.
(c) faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan metode (2) Pelaksanaan, meliputi; (a) tahap persiapan (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap mengakhiri pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan penghambat, yang meliputi; (a) faktor pendukung, terdiri atas kompetensi dan ketersediaan media yang cukup untuk mendukung guru untuk menyampaikan materi; (b) faktor penghambat, terdiri atas faktor struktural yaitu alokasi waktu yang kurang dan penyajian materi di buku pegangan murid yang kurang mendalam, faktor kultural yaitu pemilihan metode dengan memilih metode yang dianggap paling mudah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.