PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DEBAT AKTIF SISWA KELAS VIII D SMP N 2 BANGUNTAPAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa dengan menerapkan metode debat aktif pada kelas VIII D SMP N 2 Banguntapan Bantul. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan & pengamatan dan refleksi. Adapun subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII D SMP N 2 Banguntapan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara semi terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, lembar catatan lapangan, pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat aktif terbukti mampu meningkatkan kemampuan bertanya siswa. Hal tersebut terlihat dari adanya perubahan persentase peningkatan pada kemampuan bertanya. Berdasarkan hasil observasi kemampuan bertanya siswa menunjukkan peningkatan persentase rata-rata pada Siklus I sebesar 19,21 %, kemudian pada Siklus II persentase menjadi 31,36% dan sebanyak 70% dari jumlah rata-rata siswa masuk dalam kategori tinggi. Hasil observasi terhadap guru menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan langkah-langkah metode debat aktif di kelas, sedangkan hasil observasi dan wawancara siswa menunjukkan bahwa siswa antusias terhadap metode debat aktif, baik itu dari sisi teknis pelaksanaan maupun non teknis. Kualitas pertanyaan siswa juga mengalami peningkatan ketika siswa dihadapkan pada suatu permasalahan yang berhubungan dengan dirinya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.