PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP EFEKTIFITAS E- LEARNING RUTH CLARK DI SMK N 1 BANTUL
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Learning sebagai media belajar dengan menerapkan prinsip-prinsip efektivitas E-Learning Ruth Clark di SMK Negeri 1 Bantul yang layak bagi peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Langkah penelitian pengembangan yang ditempuh adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan program, validasi ahli media dan ahli materi, uji coba tahap awal, revisi uji coba tahap awal, uji coba lapangan, revisi uji coba lapangan, uji lapangan dan revisi uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL 2 SMK Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan penilaian dari ahli media memperoleh rerata 4 termasuk kategori baik. penilaian ahli materi memperoleh rerata 3,6 termasuk kategori baik. Pada uji coba lapangan awal memperoleh rerata 4,3 termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba lapangan memperoleh rerata 4,5 termasuk dalam kategori sangat baik. Uji lapangan memperoleh skor rerata 4,3 termasuk dalam kategori sangat baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.