PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 1 KRETEK BANTUL
Abstract
Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan penggunaan SMARTJITEK dalam pembelajaran dan (2) mengetahui faktor penghambat dalam penggunaan SMARTJITEK dalam pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di SMPN 1 Kretek. Sumber data adalah guru dan siswa pada mapel Bahasa Indonesia di SMPN 1 Kretek. Pemilihan sampel sumber data dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data utama menggunakan wawancara dan didukung dengan angket. Keabsahan data triangulasi data dan sumber diterapkan untuk mendapatkan keabsahan data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Indonesia menggunakan SMARTJITEK, penyampaian materi dan kegiatan evaluasi dilakukan menggunakan SMARTJITEK tetapi penggunaannya dalam pembelajaran daring di SMPN 1 Kretek tidak lepas dari WhatsApp sebagai media berkomunikasi dan membantu siswa dalam memahami instruksi yang diberikan. Kendala yang ditemui dalam pemanfaatannya adalah kendala teknis seperti kesulitan login, server down dan penguasaan e-learning
Kata kunci: e-learning, pembelajaran daring
Kata kunci: e-learning, pembelajaran daring
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.