EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PEMANFAATAN TIK POWTOON UNTUK PEMBELAJARAN di BALAI TEKKOMDIK DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi masukan; aktivitas; produk; dampak jangka menengah; dan dampak jangka panjang program pelatihan pemanfaatan TIK powtoon di Balai Tekkomdik DIY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu logical framework. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara program, trainer program, dan peserta program pelatihan pemanfaatan TIK powtoon di Balai Tekkomdik DIY. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masukan program sudah sesuai karena kurikulum dan materi sesuai kebutuhan, penyelenggara dan trainer kompeten, pendanaan serta sarana dan prasarana sudah mencukupi. Aktivitas program sudah baik, ditandai dengan jadwal yang jelas dan terstruktur, metode dan media pembelajaran sesuai kebutuhan, partisipasi aktif peserta, dan evaluasi pada akhir sesi. Produk sudah tercapai, peserta mengalami peningkatan kualiatas diri. Dampak jangka menengah sudah tercapai, ditandai dengan peningkatan produktivitas kinerja dalam memproduksi media pembelajaran. Dampak jangka panjang sudah tercapai, ditandai dengan penerapan ilmu dan keterampilannya mengenai powtoon dalam pembelajaran guna membantu menyampaikan materi dan berkolaborasi dengan siswa.
Kata Kunci : evaluasi, logical framework, powtoon.
Kata Kunci : evaluasi, logical framework, powtoon.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.